PEMBERITAHUAN : PERMOHONAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI MELALUI APLIKASI LAYANAN ANTRIAN ONLINE, SILAHKAN AKSES WEB https://antrian.imigrasi.go.id ATAU DOWNLOAD DI PLAYSTORE UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE ANDROID

Sumber Daya Manusia di Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya

Jumlah pegawai Kantor Imigrasi Tasikmalaya sebanyak 35 Orang terdiri dari :

Pejabat Teknis                    :  10 orang
Pejabat Non Teknis            :  25 orang
Pegawai Struktural             : 14 orang 
Pegawai Non Struktural     : 21 orang
Laki-laki                                : 31 orang
Perempuan                          : 4 orang

 

GOL.

JENIS KELAMIN

JUMLAH

T I N G K A T P E N D I D I K A N

JUMLAH

L

P

S3

S2

S1

D3

SLTA

SLTP

SD

IV/c

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

IV/b

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

IV/a

1

-

1

-

-

1

-

-

-

-

1

III/d

1

1

2

-

-

2

-

-

-

-

2

III/c

6

-

6

-

1

5

-

-

-

-

6

III/b

7

-

7

-

2

2

-

3

-

-

7

III/a

10

2

12

-

-

11

-

1

-

-

12

II/d

2

-

2

-

-

-

1

1

-

-

2

II/c

3

-

3

-

-

-

-

3

-

-

3

II/b

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

II/a

1

1

2

-

-

-

-

2

-

-

2

JUMLAH

31

4

35

-

3

21

1

10

-

-

35

SDM sebanyak ini secara fungsional sudah mampu melaksanakan tupoksi masing-masing Seksi dan Sub Bagian Tata Usaha, sebagai gambaran bahwa Kantor Imigrasi Tasikmalaya mampu melayani penerbitan Paspor RI untuk calon Jamaah Haji pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012 sebanyak rata-rata 5035 paspor dalam waktu yang relatif singkat, yaitu satu setengah bulan saja.

Pemberdayaan , pembinaan dan pengembangan SDM dilaksanakan secara terus menerus dalam rangka pelaksanaan fungsi Pengawasan Melekat/ SPIP dan Program Reformasi Birokrasi.

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kinerja dan produktivitas serta disiplin SDM, seiring dengan telah diterimanya remunerasi / tunjangan kinerja.

Kantor Imigrasi Tasikmalaya mendapat kehormatan dengan diberikannya beasiswa penuh dari sebuah Perguruan Tinggi swasta untuk menempuh pendidikan Strata I (S1) Bidang Teknologi Informatika dan Ilmu Komputer pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tasikmalaya sebagai upaya untuk mendukung program pemasangan perangkat e-office, e-passport, BCM (Nyidakim) dan proses digitalisasi pada umumnya di Kanim Tasikmalaya agar selalu berhasil. Dari kesempatan berharga mendapatkan beasiswa tersebut, telah meluluskan 2 (dua) Orang Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom) dari Pegawai Kanim Tasikmalaya, sedangkan Pegawai Kanim Tasikmalaya yang kuliah di STMIK Tasikmalaya hingga saat ini tercatat sebanyak 7 Orang.

 

SDM yang telah mendapatkan sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah hanya ada 1(satu) Orang Pegawai, hal ini dirasa sangat kurang memadai, terkait dengan kegiatan Pelelangan dan Percepatan Penyerapan Anggaran.

Pembagian tugas untuk seluruh pegawai telah dibuat sesuai dengan Tupoksi masing-masing Seksi/Sub Bagian, selanjutnya setiap Pegawai sudah menandatangani Pakta Integritas dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang merupakan Kontrak Kerja antara Atasan dan Bawahan selama satu Tahun dan kemudian akan dievaluasi lagi Capaian Kinerjanya guna penentuan kelas jabatan (grade) terkait dengan besar kecilnya penerimaan Tunjangan Kinerja . Selain daripada itu, setiap Pegawai /SDM pada Kantor Imigrasi Tasikmalaya dalam hal dibutuhkan untuk pengawasan orang asing, bisa dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Pelaksanaan berbagai Bimbingan Teknis yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi (Bimtek Evalap, Bimtek Suncang, Bimtek Perencanaan Anggaran dan lain-lain akan menambah keterampilan Sumber Daya Manusia di Kanim Tasikmalaya)

Pelaksanaan Upacara HUT RI Tanggal 17 Agustus 2012

Pelaksanaan Upacara HUT RI Tanggal 17 Agustus 2012

 

Dalam rangka mencapai produktivitas dan kinerja diperlukan upaya menyejahterakan SDM yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya rekreatif dan sportif dalam wadah kebersamaan seperti olahraga Bulutangkis 1 minggu 2x, Futsal, tenis lapangan tergantung cuaca, serta kegiatan rekreasi lain yang sifatnya spontan secara bersama-sama, walaupun pada Kantor Imigrasi Tasikmalaya belum mendapatkan anggaran untuk kegiatan capacity building.

Mengikut sertakan seluruh SDM beserta keluarga dalam kegiatan KBI (Pertemuan 4 bulanan Keluarga Besar Imigrasi) Jawa Barat.

Berpartisipasi dalam kegiatan di lingkungan luar Kantor, se-Kecamatan Ciawi berupa : olahraga beregu (sepak bola), penghijauan (penanaman pohon di sepanjang pinggir jalan), gerak jalan sehat melewati area perbukitan dan persawahan (cross country) dan lain sebagainya.

Tanaman Kidamar (Agathis Damara) di Ciawi Kab. Tasikmalaya, hasil kerjasama
antara Pegawai Kanim Tasikmalaya, Masyarakat Ciawi, dan LSM

 

Gerak jalan sehat melalui area perbukitan dan persawahan (cross country)
merupakan hal biasa dilakukan oleh keluarga besar Kanim Tasikmalaya

 

Tim Futsal Kanim Tasikmalaya melakukan pertandingan persahabatan
dengan Tim Futsal Kanim Cirebon dan Cilacap

 

Disamping telah banyak dicapai peningkatan produktivitas dan kinerja dalam rangka pemberdayaan SDM, masih terdapat beberapa hal yang dirasa kurang/belum terpenuhi/tercapai sehingga secara sadar dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi tujuan yang akan dicapai, di antara permasalahan yang menonjol adalah :

  1. Jabatan Struktural belum terisi sebanyak 4 (empat) jabatan Kasubsi ;
  2. Seyogyanya jumlah Staf (Tenaga Fungsional Umum) di Kanim Tasikmalaya minimal 26 (Dua puluh enam) Orang sedangkan kondisi yang sekarang hanya 16 (Enam belas) Orang;
  3. Belum ada Tenaga Teknis (kelistrikan)
  4. SDM Kanim Tasikmalaya sebagian besar bukan penduduk Tasikmalaya, sehingga masalah perumahan menjadi kendala tersendiri dalam pemberdayaan SDM, karena harus menyewa/mengontrak rumah atau kamar di sekitar Kantor.