Selamat datang di Website Resmi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya
+62 811-233-850
Kota Tasikmalaya

Imigrasi Tasikmalaya Amankan 4 Orang Warga Negara Nigeria

TIM Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tasikmalaya menangkap empat orang WNA asal Nigeria. Delapan WNA asal Nigeria ini diamankan di kawasan wisata Kabupaten Kabupaten Pangandaran. Mereka diamankan di empat lokasi berbeda di Kabupaten Pangandaran dan masing-masing berada di daerah Cikembulan, Kabupaten Pangandaran yang merupakan salah satu Wilayah Kerja dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya.

4 (Empat) orang Warga Negara Nigeria dibawa ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya guna proses Hukum lebih lanjut.

Mereka mengatakan paspor mereka diamankan oleh agen yang mengirim mereka ke Indonesia. Mereka berada di Pangandaran untuk bekerja di sektor pariwisata. Saat ini, keempat WNA tersebut ditahan di ruang detensi Imigrasi, pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya untuk proses selanjutnya oleh Tim dari Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.

Pendataan terhadap 4 (empat) orang asal Nigeria yang diduga melanggar Ketentuan Keimigrasian oleh Tim dari Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya

Sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku, dimana termaktub pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Terdapat beberapa konsekuensi Hukum yang mengancam WNA asal Nigeria tersebut, tentunya setelah dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut, beberapa konsekuensi Hukum sesuai dengan Pasal 75, UU No. 6 Tahun 2011 tersebut adalah :

  1. Tindakan Administratif Keimigrasian Berupa Denda
    Apabila terdapat Warga Negara Asing (WNA) yang kedapatan ‘overstay’ dan sekaligus ‘menyalahgunakan izin tinggal’ atau terlibat dalam suatu kasus tertentu, maka WNA tersebut akan diamankan oleh otoritas terkait dan akan ditempatkan baik di rumah detensi imigrasi setempat. Bila WNA asal Nigeria tersebut dinyatakan bersalah, terkait dengan bidang Keimigrasian, maka akan dikenakan hukuman berupa Denda atau Biaya Beban Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negera Bukan Pajak yang Berlaku di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, denda yang akan dibebankan kepada WNI tersebut sebesar Rp.1000.000,- perhari.
  2. Deportasi dan Penangkalan.
    Deportasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti: pembuangan, pengasingan, atau pengusiran seseorang ke luar suatu negeri sebagai hukuman, atau karena orang itu tidak berhak tinggal di situ;. Hukuman ini dikenakan bagi mereka yang kedapatan ‘overstay’ dan sekaligus ‘menyalahgunakan izin tinggal’ atau terlibat dalam suatu kasus tertentu. Hukuman ini dikenakan apabila WNA asal Nigeria tersebut telah Overstay lebih dari 60 hari (Pasal 78, UU No.6 Tahun 2011). Sekaligus akan dikenakan Saksi berupa Penangkalan atau Larangan memasuki wilayah RI selama periode tertentu.

Demikian rilis terkait penangkapan empat orang asal Nigeria di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tasikmalaya, perkembangan kasus ini akan disampaikan kepada publik setelah dilakukannya proses penyelidikan dan penyidikan Keimigrasian oleh Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.

Leave A Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service kami tersedia 24/7, silakan ketikkan pertanyaan Anda disini.
👋 Halo, silakan ketik "Menu".