Home » Beasiswa » 5 Universitas Negeri Terbaik di Kota Surabaya Jawa Timur

Recent Posts

5 Universitas Negeri Terbaik di Kota Surabaya Jawa Timur

Universitas Negeri Terbaik di Kota Surabaya

imigrasitasikmalaya.com – Selain menjadi pusat ekonomi dan keuangan, Surabaya juga dikenal sebagai pusat pendidikan di Provinsi Jawa Timur. Tak heran, kota ini menjadi markas dari sederet kampus berkualitas. Setelah lucky neko sebelumnya mengulas mengenai kampus terbaik Yogyakarta dan Bandung. Tulisan kali ini akan mengulas mengenai peringkat kampus di Surabaya berdasarkan data yang dirilis oleh Webometrics beberapa bulan yang lalu.

Daftar Universitas Negeri Terbaik di Surabaya

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Ini adalah universitas negeri di Jawa Timur yang paling diidolakan arek-arek Jawa Timuran, mulai dari Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Madiun, Tuban, dan lainnya. Jika berkuliah di Kedokteran atau jurusan kesehatan, pasti UNAIR adalah sweet bonanza bidikan yang pertama. Jurusan yang terfavorit di UNAIR adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Hukum, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

Kamu tetap punya kesempatan untuk masuk UNAIR dengan cara masuk ke jurusan yang sepi peminat. Antara lain Fisika dan Rekayasa Nanoteknologi. Bisa juga kuliah di jurusan Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Akuakultur, dan Akuntansi yang ada di kampus Banyuwangi.

2. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Kalau UNAIR dirasa terlalu berat, bolehlah kamu coba untuk berkuliah di UNESA. Coba lihat dulu jurusan terfavorit adalah PGSD, Psikologi, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Ilmu Komunikasi. Jika kamu ingin dengan mudah menjadi mahasiswa UNESA, coba saja masuk ke jurusan di UNESA yang sepi peminat diantaranya adalah jurusan Seni Rupa Murni, Seni Musik, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Bahasa Jerman, dan Pendidikan Teknik Bangunan.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kalau kamu ingin meniti karir di dunia start up atau karir berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi, maka berkuliahlah di ITS. Pokoknya lulus dari ITS, dijamin akan banyak uang atau penghasilan yang akan kamu dapat.

Jurusan terfavorit dan paling diperebutkan di ITS adalah Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Sistem Informasi.

Kamu bisa juga masuk ke jurusan yang sepi peminat di ITS. Tenang saja, peluang kerja dan penghasilan kemungkinan sama-sama besar. Berikut ini jurusan yang mungkin bisa jadi alternatif pilihanmu adalah Fisika, Biologi, Teknik Transportasi Laut, dan Teknik Sistem Perkapalan.

Baca Juga : 8 Universitas Negeri Terbaik di Kota Bandung Jawa Barat

4. UPN Veteran Jawa Timur

Berkuliah di Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Jawa Timur juga bisa menjadi alternatif pilihan kampus terbaikmu. Kamu bisa masuk ke jurusan yang favorit seperti Sistem Informasi, Manajemen, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Hukum. Kalau dirasa susah untuk masuk ke jurusan favorit, coba saja masuk ke jurusan lain yang nggak kalah keren, seperti Agroteknologi, Teknik Kimia, dan Desain Komunikasi Visual. Keren, bukan?

5. UIN Sunan Ampel

Kalau kamu ingin berkuliah di tempat yang menjadikan Islam sebagai landasan utama pembelajaran, maka UIN Sunan Ampel jawabannya. Cobalah mendaftar di jurusan yang favorit yaitu Manajemen dan juga Psikologi.

Bisa juga kalau kamu masuk ke jurusan yang sepi peminat di UIN Sunan Ampel. Beberapa contohnya adalah Ilmu Kelautan, Matematika, dan Pendidikan IPA. Cukup mengherankan mengapa ketiga jurusan ini sepi peminat, padahal peluang karirnya besar.

Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian kepada seluruh universitas terbaik di dunia. Pemeringkatan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan volume maupun isi web tiap universitas serta visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, setidaknya ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu :